Jalan TMP Polder Merauke Kembali Rusak Parah, Warga: Sudah Sering Diperbaiki, Tapi Truk Berat Tetap Lewat

Namun sayangnya, kondisi jalan yang sudah berulang kali diperbaiki ini kembali rusak akibat lalu lintas kendaraan berat, seperti truk tangki dan trailer kontainer yang masih bebas melintas.

Melkior Rengil

7/17/20252 min read

Jalan TMP Polder Merauke Kembali Rusak Parah, Warga: Sudah Sering Diperbaiki, Tapi Truk Berat Tetap Lewat

Merauke, 17 Juli 2025 — Kondisi jalan di ruas Jalan TMP Polder, tepatnya dari depan Toko Fiona hingga depan Bank Papua di kawasan Pasar Wamanggu, kembali rusak parah. Lubang-lubang besar, permukaan bergelombang, dan genangan air saat hujan membuat jalan ini berbahaya untuk dilintasi, terutama bagi pengendara roda dua.

Padahal, ruas ini merupakan salah satu akses jalan utama di Kota Merauke, yang setiap hari dilintasi ribuan kendaraan, termasuk kendaraan pribadi, ojek online, mobil operasional, hingga kendaraan dinas. Bahkan, pejabat pemerintah daerah, baik dari tingkat kabupaten maupun provinsi, rutin melintasi jalur ini dalam berbagai kegiatan resmi.

Namun sayangnya, kondisi jalan yang sudah berulang kali diperbaiki ini kembali rusak akibat lalu lintas kendaraan berat, seperti truk tangki dan trailer kontainer yang masih bebas melintas.

“Sudah diperbaiki beberapa kali, tapi tetap rusak. Truk-truk besar tetap lewat. Sepertinya jalan ini tidak dirancang untuk kendaraan berat seperti itu,” kata MB, warga yang tinggal di sekitar lokasi, saat ditemui pada Rabu (17/7/2025).

Kecelakaan Kerap Terjadi Akibat Lubang Jalan

Selain mengganggu kenyamanan, kondisi jalan yang rusak ini juga menyebabkan serangkaian kecelakaan lalu lintas, baik tunggal maupun tabrakan antar kendaraan.

“Minggu lalu dua motor tabrakan karena salah satu pengendara menghindari lubang besar. Kalau hujan, lubangnya tertutup air. Sudah sering terjadi seperti itu,” jelas MB.

Kapasitas Jalan Tidak Sesuai, Beban Truk Berat Picu Kerusakan

Secara teknis, jalan ini diduga termasuk dalam kelas II atau kelas III, yang hanya mampu menahan beban maksimal 8 ton per gandar. Sementara itu, truk kontainer dan trailer bisa memiliki total beban 30 hingga 40 ton, jauh di atas kemampuan struktur jalan perkotaan biasa.

Menurut standar Kementerian PUPR, jalan dengan volume lalu lintas campuran dan dilintasi kendaraan berat memerlukan perkerasan berkekuatan tinggi, seperti aspal bertulang atau beton minimal 30 cm. Tanpa struktur tersebut, jalan mudah mengalami kerusakan struktural dan hanya bertahan sementara meskipun sudah diperbaiki.

Masyarakat Desak Perbaikan Total dan Pengaturan Tonase

Warga meminta Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke untuk segera mengambil tindakan nyata, bukan hanya perbaikan tambal-sulam, melainkan juga penataan arus kendaraan berat agar tidak lagi melintasi kawasan dalam kota yang padat aktivitas masyarakat.

“Kami minta jalan ini diperbaiki secara total dan kuat. Kalau memang tidak boleh dilalui truk kontainer, ya harus diawasi. Jangan sampai terus dibiarkan. Ini jalan utama kota, bahkan pejabat-pejabat juga lewat sini,” tegas MB.

Jalan Strategis, Tapi Dibiarkan Rusak

Ruas TMP Polder merupakan jalur strategis yang menghubungkan berbagai pusat kegiatan ekonomi, pemerintahan, dan pelayanan publik. Selain Pasar Wamanggu dan kompleks perbankan, jalur ini juga menjadi penghubung menuju kawasan permukiman, pusat pendidikan, hingga sejumlah kantor pemerintahan.

Kerusakan yang terus berulang tidak hanya merugikan pengguna jalan biasa, tetapi juga mencoreng wajah kota, karena menjadi jalur utama yang setiap hari dilalui pejabat dan tamu daerah.